Kata Kerja Operasional (KKO) Kurikulum 2013
Kata kerja operasional untuk kurikulum 2013 ialah kata kerja yang mampu diukur ketercapaiannya, mampu diamati pergeseran tingkah laris, bisa diuji, dan digunakan untuk merumuskan tujuan pembelajaran.
Kata kerja operasional (KKO) berdasarkan Taksonomi Bloom meliputi 3 ranah. Ranah ini diantaranya Kognitif, Afektif, dan Psikomotor.
Baca Juga : Pedoman Penggunaan Huruf Kapital Terbaru
Kata Kerja Operasional Kognitif
Berikut ini daftar contoh kata kerja operasional ranah kognitif terdiri dari 6 tingkatan/ jenjang berpikir (mulai C1 hingga dengan C6).
Pengetahuan (C1) | Pemahaman (C2) | Penerapan (C3) |
Mengutip | Memperkirakan | Menugaskan |
Menyebutkan | Menjelaskan | Mengurutkan |
Menjelaskan | Mengkategorikan | Menentukan |
Menggambar | Mencirikan | Menerapkan |
Membilang | Merinci | Menyesuaikan |
Mengidentiflkasi | Mengasosiasikan | Mengkalkulasi |
Mendaftar | Membandingkan | Memodifikasi |
Menunjukkan | Menghitung | Mengklasifikasi |
Memberi label | Mengkontrasikan | Menghitung |
Memberi indek | Mengubah | Membangun |
Memasangkan | Mempertahankan | Mengurutkan |
Menamai | Menguraikan | Membiasakan |
Menandai | Menjalin | Mencegah |
Membaca | Membedakan | Menentukan |
Menyadap | Mendiskusikan | Menggambarkan |
Menghafal | Menggali | Menggunakan |
Menim | Mencontohkan | Menilai |
Mencatat | Menerangkan | Melatih |
Mengulang | Mengemukakan | Menggali |
Mereproduksi | Mempolakan | Mengemukakan |
Meninjau | Memperluas | Mengadaptasi |
Memilih | Menyimpulkan | Menyelidiki |
Menyatakan | Meramalkan | Mengoperasikan |
Mempelajari | Merangkum | Mempersoalkan |
Mentabulasi | Menjabarkan | Mengkonsepkan |
Memberi aba-aba | Melaksanakan | |
Menelusuri | Meramalkan | |
Menulis | Memproduksi | |
Memproses | ||
Mengaitkan | ||
Mensuimulasikan | ||
Memecahkan | ||
Melakukan | ||
Mentabulasi | ||
Menyusun | ||
Memproses | ||
meramalkan |
Analisis (C4) | Sintesis (C5) | Penilaian (C6) |
Menganalisis | Mengabstraksi | Membandingkan |
Mengaudit | Mengatur | Menyimpulkan |
Memecahkan | Menganimasi | Menilai |
Menegaskan | Mengumpulkan | Mengarahkan |
Mendeteksi | Mengkategorikan | Mengkritik |
Mendiagnosis | Mengkode | Menimbang |
Menyeleksi | Mengkombinasikan | Memutuskan |
Memerinci | Menyusun | Memisahkan |
Menominasikan | Mengarang | Memprediksi |
Mendiagramkan | Membangun | Memperjelas |
Mengkorelasikan | Menanggulangi | Menugaskan |
Merasionalkan | Menghubungkan | Menafsirkan |
Menguji | Menciptakan | Mempertahankan |
Mencerahkan | Mengkreasikan | Memerinci |
Menjelajah | Mengoreksi | Mengukur |
Membagankan | Merancang | Merangkum |
Menyimpulkan | Merencanakan | Membuktikan |
Menemukan | Mendikte | Memvalidasi |
Menelaah | Meningkatkan | Mengetes |
Memaksimalkan | Memperjelas | Mendukung |
Memerintahkan | Memfasilitasi | Memilih |
Mengedit | Membentuk | Memproyeksikan |
Mengaitkan | Merumuskan | |
Memilih | Menggeneralisasi | |
Mengukur | Menggabungkan | |
Melatih | Memadukan | |
Mentransfer | Membatasi | |
Mereparasi | ||
Menampilkan | ||
Menyiapkan | ||
Memproduksi | ||
Merangkum | ||
Merekonstruksi |
Download kata kerja operasional ranah kognitif
Penjelasan tentang C1 sampai dengan C6 antara lain :
- Pengetahuan (C1) yaitu kesanggupan untuk mengingat;
- Pemahaman (C2) adalah kemampuan untuk mengetahui;
- Penerapan (C3) yakni kesanggupan untuk memakai maupun menerapkan;
- Analisis (C4) yakni kesanggupan merinci dan menguraikan menjadi bab-bab;
- Sintesis (C5) yaitu kemampuan untuk memadukan bagian-bagian menjadi contoh yang terstruktur atau contoh gres;
- Penilaian (C6) adalah kesanggupan untuk membuat pertimbangan kepada sebuah keadaan, nilai, atau pandangan baru.
Kata Kerja Operasional Afektif
Berikut ini daftar acuan kata kerja operasional ranah afektif yang terdiri dari 5 penjabaran. Mulai dari yang sederhana (A1) sampai yang kompleks (A5).
Menerima (A1) | Menanggapi (A2) | Menilai (A3) |
Memilih | Menjawab | Mengasumsikan |
Mempertanyakan | Mem bantu | Meyakini |
Mengikuti | Mengajukan | Melengkapi |
Memberi | Mengkompromikan | Meyakinkan |
Menganut | Menyenangi | Memperjelas |
Mematuhi | Menyambut | Memprakarsai |
Meminati | Mendukung | Mengimani |
Mendukung | Mengundang | |
Menyetujui | Menggabungkan | |
Menampilkan | Memperjelas | |
Melaporkan | Mengusulkan | |
Memilih | Menekankan | |
Mengatakan | Menyumbang | |
Memilah | ||
Menolak |
Mengelola (A4) | Menghayati (A5) |
Menganut | Mengubah prilaku |
Mengubah | Berakhlak mulia |
Menata | Mempengaruhi |
Mengklasifikasikan | Mendengarkan |
Mengkombinasikan | Mengkualifikasi |
Mempertahankan | Melayani |
Membangun | Menunjukkan |
Membentuk pertimbangan | Membuktikan |
Memadukan | memecahkan |
Mengelola | |
Menegosiasi | |
Merembuk |
Download kata kerja operasional ranah afektif
Penjelasan wacana A1 sampai dengan A5 antara lain :
- Menerima (A1) yaitu kemampuan memperhatikan dan memberikan respon terhadap sitimulasi yang tepat;
- Menanggapi/menyikapi (A2) ialah keterlibatan secara aktif;
- Menilai/Menentukan perilaku (A3) adalah cara mengaitkan diri pada sebuah peristiwa;
- Mengelola (A4) adalah acara menyatukan sikap-perilaku atau nilai-nilai;
- Menghayati (A5) ialah karakterisasi kedalam langsung.
Kata Kerja Operasional Psikomotor
Berikut ini daftar teladan kata kerja operasional ranah psikomotor berisikan 4 tingkatan/ jenjang keahlian. Dimulai P1 hingga dengan P6.
PENIRUAN (PI) | MANIPULASI (P2) |
Mengaktifkan | Mengoreksi |
Menyesuaikan | Mendemonstrasikan |
Menggabungkan | Merancang |
Melamar | Memilah |
Mengatur | Melatih |
Mengumpulkan | Memperbaiki |
Menimbang | Mengidentifikasikan |
Memperkecil | Mengisi |
Membangun | Menempatkan |
Mengubah | Membuat |
Membersihkan | Memanipulasi |
Memposisikan | Mereparasi |
Mengkonstruksi | Mencampur |
KETETAPAN (P3) | ARTIKULASI (P4) |
Mengalihkan | Mengalihkan |
Menggantikan | Mempertajam |
Memutar | Membentuk |
Mengirim | Memadankan |
Memindahkan | Menggunakan |
Mendorong | Memulai |
Menarik | Menyetir |
Memproduksi | Menjelaskan |
Mencampur | Menempel |
Mengoperasikan | Menskestsa |
Mengemas | Mendengarkan |
Membungkus | Menimbang |
Download kata kerja operasional ranah psikomotor
Penjelasan tentang P1 sampai dengan P4 antara lain :
- Peniruan ialah acara memberi respons serupa dengan yang diperhatikan;
- Manipulasi yaitu kemampuan mengikuti pengarahan, tampilan, gerakan-gerakan pilihan yang menetapkan sebuah tampilan lewat latihan;
- Ketetapan yakni kesanggupan yang memerlukan ketelitian, proporsi dan kepastian yang lebih tinggi dalam performa. Respon-tanggapanlebih terkoreksi dan kesalahan-kesalahan dibatasi seminimal mungkin;
- Artikulasi yaitu menekankan koordinasi suatu rangkaian gerakan dengan membuat urutan yang tepat dan meraih yang dibutuhkan atau konsistensi internal di natara gerakan-gerakan yang berlawanan.
Diskusi